Begini Modus Pungutan Sekolah Negeri Di Bandung

uang-pendidikan1-150x150Bisnis.com, BANDUNG—Forum Orang Tua Siswa (Fortusis) dan Persatuan Orang Tua Peserta Didik (POTPeDik) mendesak Inspektorat Kota Bandung untuk menindaklanjuti sekolah-sekolah khususnya sekolah negeri di Kota Bandung yang melakukan pelanggaran dengan melakukan penarikan pungutan baik berupa iuran, sumbangan ataupun zakat dan infaq.

Ketua Fortusis Dwi Soebawanto mengatakan masih banyak sekolah dari SD-SMK yang melakukan modus pungutan liar berupa kewajiban pembelian seragam atau keperluan sekolah lainnya di satuan pendidikan.

“Modusnya sekolah memberikan logo masing-masing sekolah sehingga orang tua tidak bisa mendapatkan perangkat atau peralatan tersebut di tempat lain kecuali di sekolah tersebut,” katanya.

Hal tersebut dinilai melanggar Peraturan Pemerintah No.17/2010 tentang Pengelolaan Pendidikan dan Peraturan Daerah No.15/2008 tentang Penyelenggaraan Pendidikan di Kora Bandung.

Dengan upaya pengaduan tersebut, Dwi mengharapkan sekolah yang melanggar dapat menerima sanksi atas apa yang dilakukan. Tidak hanya itu, pemerintah Kota Bandung juga diminta dapat lebih cepat mengeluarkan batasan atau regulasi yang tepat akan jenis pungutan-pungutan yang dibebani sekolah oleh para orang tua siswa.

“Kami tidak masalah ada biaya yang harus dikeluarkan asalkan memang sifatnya partisipatif, transparantif dan memiliki akuntabilitas yang jelas. Jika tidak, ini sama saja dengan tahun-tahun lalu dan tidak ada kemajuan sama sekali.”

Sumber: http://bandung.bisnis.com/

Leave a Reply