Perlu sinergi antara NGO Nasional dan Daerah untuk Mengawal Pendidikan yang Berkeadilan

Sesuai yang telah dimandatkan oleh Undang-undang, bahwa setiap warga negara berhak atas pendidikan. Upaya tersebut diwujudkan dalam pengelolaan APBN yang memberikan porsi kepada anggaran pendidikan sebesar 20%. Namun, implementasi tersebut perlu terus dikawal dan diawasi bersama.

“Sinergi antara NGO di daerah dengan di pusat sangatlah diperlukan. NGO di daerah melakukan pengawalan dan pendampingan sesuai bidang kerjanya, sedangkan yang di nasional melakukan pengawalan kebijakan,” Ujar Tenti, peneliti dari IDEA Yogyakarta.

NGO di daerah dari sisi kegiatannya lebih banyak berfokus untuk melakukan advokasi berbagai kasus dan mengembangkan inisiatif di tingkat lokal. Sedangkan NGO di tingkat nasional (atau Jakarta) memberikan dukungan dengan mendorong Advokasi kebijakan nasional sebagai payung hukum.

Tanpa adanya sinergi diantara kedua entitas tersebut, kegiatan advokasi akan berjalan sendiri-sendiri. Inovasi yang terjadi di daerah tidak bisa dimaknai dan direduplikasi oleh daerah lainnya. Begitupula dukungan dari gerakan advokasi NGO di daerah diwujudkan dengan memberikan advokasi pada kebijakan yang sejenis.

Leave a Reply